Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh Pidato~

Sebelum kita menyusun pidato, ada baiknya kita mengenal kerangka pidato. Terdiri dari :
1. Salam Pembuka
2. Paragraf Pembuka
          - Syukur kepada Tuhan
          - Terimakasih hadirin
3. Isi
          - Tujuan
          - Masalah
          - Bukti – bukti
          - Dasar teori / hukum : 1. Adat
                                                 2. Agama
4. Paragraf Penutup
          - Kesimpulan + imbauan dan harapan
5. Salam Penutup

Berikut Contoh Pidato :
Assalamualaikum  Wr. Wb
Selamat pagi. Salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Bapak/Ibu dewan Guru beserta Staf Tata Usaha.
Dan teman – temanku yang berbahagia.
Pertama – tama marilah kita panjatkan Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Tak lupa saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Segudang Manfaat Anggur”.
Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak bisa dipungkiri lagi kalau dikalangan masyarkat khususnya masyarakat Indonesia, hampir ketergantungan dengan obat – obatan. Merasa sakit sedikit langsung meminum obat, pusing sedikit meminum obat, padahal banyak diantara kita yang tidak mengetahui apa efek samping dari penggunaan obat – obatan tersebut. Terkadang sebuah obat itu hanya bisa menyembuhkan satu, dua, atau tiga macam  penyakit. Berbeda dengan cara – cara alamiah, yang salah satunya dengan buah anggur. Oleh karena itu saya berdiri di sini ingin menjelaskan mengenai banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari buah anggur.
Anggur adalah salah satu buah – buahan yang memiliki banyak manfaat, bisa menjadi buah, makanan, minuman, dan obat. Anggur juga merupakan buah yang paling bergizi, dapat mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, gangguan pencernaan, migrain, kelelahan, dan bermanfaat bagi orang  - orang yang terkena penyakit lambung. Anggur juga memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru – paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas. Perasan air anggur juga berkhasiat menurunkan panas tubuh, mengehentikan batuk, dan membuat perut merasa nyaman. Kulit anggur sendiri memiliki kandungan vitamin B komplek yang juga berfungsi membersihkan usus dari penyumbatan asam yang panas.  
Macfaden sendiri memberikan bukti bahwa di daerah yang memiliki banyak anggur hampir tidak ditemukan orang yang terkena penyakit kanker. Hal tersebut mengindikasikan bahwa anggur mempunyai pengaruh yang nyata terhadap pencegahan penyakit kanker khususnya kanker payudara. Khasiat buah anggur sendiri sudah diyakini oleh Dokter Yunani Deskoredes, ia meyakini bahwa anggur dapat menyembuhkan dari demam panas, pendarahan pada dada, disentri, dan penyakit hati.
Mengenai manfaat anggur itu sendiri, Allah SWT menyebutkan buah anggur dalam 11 ayat di dalam Al Quran, diantaranya QS Abasa [80] 27-29, QS Al – An’am [6] : 99, QS An – Nahl [16] : 11, dan lain sebagianya.
Nah, berhubungan dengan penjelasan saya barusan, sekarang kita mengetahui bahwa anggur merupakan salah satu buah yang bergizi yang juga telah terbukti khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita mencoba buah anggur baik itu untuk makanan, minuman, ataupun untuk obat, agar manfaatnya dapat kita rasakan secara langsung. Khususnya, penyakit – penyakit yang berhubungan dengan khasiat buah anggur itu sendiri, tentunya dengan langkah – langkah yang harus kita ketahui sebelumnya.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.
Wasslamu’alaikum Wr. Wb.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar