Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Belajar Efektif



Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang mata pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Berikut tips supaya waktu belajar kamu menjadi efektif edisi #saatnyaJadiIdola Enjoy it!.
1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
    Fungsi utama kenapa kamu harus belajar adalah karena kamu akan memahami hal – hal baru. Kamu boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kamu sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum mengahapal, selalu usahakan untuk memehami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci utama
    Suapaya kamu bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diajarkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kalijadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di ottak kamu.

3. Mencatat pokok – pokok pelajaran
    Tingalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajarn yang sudah dibaca ulang. Kata – kata kunci inilah yang nanti berguna ketika kamu mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata – kata kunci
     Kadang, kamu harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Jangan khawair. Ini bisa disiasati. Buatlah kata – kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kamu memanggilnya.

5. Plilih waktu belajar yang tepat
    Waktu belajar yang paling enak adalah pada saat badan kamu masih segar. Biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat – sat seperti ini untuk mengolah materi baru. Sisa – sisa energy bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman.
    Banyak hal yang bisa membuat suasana belajar menjadi nyaman. Tempat belajar juga bisa kamu sesuaikan. Kalau sedang bosa dikamar bisa di teras depan. Kuncinya jangan samapai aktivitas belajar kamu mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Melatih kemampuan sendiri
    Sebenernya kamu bisa melatih sendiri kemampuan otakmu. Caranya, pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya ada soal – soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kamu.

8. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
     Kalau kamu sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung menutup buku. Cobalah kamu berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kamu untuk selalu berfikir ke depan dan kritis.

Sumber : Buku pintar cewek

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar