Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Melihat Kawanan Lumba-lumba Melintas di Pantai Tj. Barito

Pantai Tanjung Barito adalah salah satu pantai dengan pasir putihnya yang sangat indah yang terdapat di Biak bagian timur. Mencapai pantai ini dari pusat Kota Biak hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja menggunakan mobil. Karakteristik yang dimiliki pantai ini kurang lebih sama dengan Pantai Bosnik yang telah kami kunjungi sebelumnya. Yang membedakan hanya, di Pantai Tanjung Barito tidak terdapat saung-saung, seperti di Pantai Bosnik, namun di sini hanya terdapat kursi-kursi kayu yang tidak tertata rapi. Kursi kayu ini menghadap langsung ke pantai dan hanya beratapkan pohon kelapa yang terdapat di sepanjang Pantai Tanjung Barito.
Menurut supir kami, Pak Yanto, dahulu di sepanjang pantai memang terdapat saung-saung seperti yang terdapat di Pantai Bosnik, namun terjadinya keributan mengenai pembagian hasil dari penyewaan saung mengakibatkan saung-saung yang ada menjadi tidak terawat dan lalu digantikan dengan kursi kayu saja.
Menghabiskan sore di Pantai Tanjung Barito, kita akan melihat banyak anak kecil mencari ikan dengan menggunakan sampan. Satu sampan hanya dapat diisi oleh satu orang saja, sementara sampan yang sedikit lebih besar bisa diisi hingga 2 orang. Terlihat sampan-sampan tersebut menuju ke laut lepas, namun dalam jarak yang terhitung masih dekat dengan garis pantai, orang tua dan anaknya mencari ikan, mereka memancing ikan untuk mereka makan sehari-hari.
Berenang adalah kegiatan wajib di Pantai Tanjung Barito yang landai dan airnya jernih. Di sisi sebelah kanan tempat kami duduk terdapat anak-anak kecil berayun-ayun menggunakan tali yang diikat pada pohon besar, mereka bergantian mengayunkan dan menghempas badan mereka ke air laut. Sepanjang sore itu kami hanya berenang dan bermain dengan anak kecil yang sibuk dengan ayunan tali mereka.
Menjelang matahari tenggelam, kunjungan kami ke Pantai Tanjung Barito ditutup dengan pemandangan sekawanan lumba-lumba melintas dari arah kiri ke kanan di laut lepas di hadapan kami, tidak begitu jauh dari bibir pantai tempat kami berenang. Menjelang malam saat matahari sudah tenggelam, kami beranjak dari Pantai Tanjung Barito dengan meninggalkan kenangan akan anak kecil yang bermain dengan riang di pantai, serta ingatan akan sekumpulan lumba-lumba yang melintas di hadapan kami.

Sumber : http://travel.detik.com/aci/read/2011/12/08/091933/1785806/1274/melihat-kawanan-lumba-lumba-melintas-di-pantai-tj-barito/3

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar