Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh Resensi Buku

Judul          : Bahasa Indonesia untuk SMP /
                      MTs kelas IX
Penulis       : Atikah
                      Yuwono
                      Suhartanto
Penerbit     : Pusat Perbukuan (Departemen
                      Pendidikan Nasional)
Cetakan     : Jakarta, Juli 2008
Tebal           : viii, 194 Halaman


Jika kita mendengar kata bahasa mungkin yang terbesit dalam benak kita adalah mudah. Namun, kenyataannya tidak seperti yang dibayangkan. Untuk itu, Departemen Pendidikan Nasional menerbitkan beberapa buku, yang salah satunya adalah Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas IX yang ditujukan agar siswa lebih terampil berbahasa Indonesia dan mengapresiasi berbagai karya sastra. Di kelas IX SMP/MTs siswa akan mempelajari aspek – aspek berbahasa Indonesia yang meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis serta belajar mengapresiasi karya sastra. Materi yang disajikan telah disesuaikan dengan kurikulum yang harus diterapkan untuk siswa kelas IX SMP/ MTs.
     Buku ini dikemas secara sederhana dan menarik serta memaparkan teori – teori yang dipelajari di kelas IX SMP/MTs. Oleh karna itu, kita dapat memahami isi di dalamnya seperti memahami dialog interaktif, menganalisis unsyur syair, memusikalisasikan puisi, membaca memindai Indeks buku, menyuting karangan, menulis cerpen, memahami / menulis teks pidato, menulis karya ilmiah, memahami novel, meresensi buku pengetahuan, dan sebagainya dengan mudah. Selain itu semua aspek berbahasa Indonesia yang dipelajari di kelas IX telah tercakup secara terperinci dalam buku ini.
Buku ini menyajikan meteri yang lengkap dan banyak sesuai dengan kehidupan, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Buku ini pun dilengkapi dengan peta konsep, rangkuman, latihan soal per bab, glosarium, daftar isi, dan daftar pusaka yang membuat kita menjadi lebih mudah untuk memahami buku ini. Buku ini juga memiliki kualitas yang baik sehingga tahan lama dan tidak mudah robek.
Namun, kelemahan buku ini terdapat pada banyaknya tulisan, dan hanya memiliki 3 warna saja, yaitu hitam, putih, dan biru yang memberi kesan pertama menjadi tidak menarik. Padahal penyajian gambar dan tulisan yang berwarna dapat meningkatkan daya tarik buku terseput. Isi dalam buku ini sudah lengkap. Meskipun contoh – contoh soal per bab dalam buku ini masih sedikit, sehingga membuat pembaca mengalami kesulitan.
     Terlepas dari semua itu, buku ini sangat dibutuhkan khususnya untuk siswa kelas IX SMP/MTs untuk dapat memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, secara lisan maupun tulisan. Buku ini membuat pembaca menjadi lebih kreatif dan berwawasan luas. Pembaca juga akan menyukai buku ini, karna banyak informasi yang belum kita ketahui sebelumnya dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar