Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jawara Laser Indonesia Bikin Geger Amerika


     Siapa bilang pelajar Indonesia hobinya cuman tawuran. Ali Khumaeni, pria lulusan fisika Universitas Diponogoro yang melanjutkan S2 di Universitas Fukui Jepang ini berhasil menyabet penghargaan best paper tingkat internasional di bidang  aplikasi “Laser-Induced Breakdown Spectroscopy” (LIBS) pada konferensi internasional LIBS ke – 4 di Memphis, Tennessee, baru – baru ini.
     Konferensi ini merupakan konferensi terbesr di bidang laser plasma spektroskopi yang diselenggarakan dua tahun sekali dan diikuti oleh ratusan mahasiswa pascasarjana, para ahli LIBS, professor dan perwakilan perusahaan dari bidang optic, laser dan pencitraan.
    Makalahnya berhasil membawa nama Indonesia diperhitungkan di kancah sains internasional. Dalam penelitiannya, Ali menemukan teknik terobosan analisis powder atau bubuk dengan menggunakan laser. Menurutnya selama ini banyak perusahaan yang mengalami kesulitan menggunakan teknologi laser dalam menganalisis produk yang berbentuk bubuk.
     Ke depan, hasil penelitiannya tersebut diharapkan mampu mendukung analisis industry seperti susu bubuk, kosmetik, atau obat – obatan. “Selama ini bubuk yang terkena laser materialnya akan hancur sehingga atomnya tidak dapat dianalisis, namun penelitian saya telah menunjukan cara penggunan laser yang benar tanpa merusak atom,” paparnya
Sumber : Majalah CampusLife

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar